logo mipa

SEJARAH

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Universitas Halu Oleo (FMIPA-UHO) dibentuk berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 233/O/1998 Tanggal 21 September 1998. Pada awalnya FMIPA-UHO memiliki empat Jurusan dengan empat program studi (prodi) yaitu Matematika, Fisika, Biologi dan Kimia. Sejak berdirinya sampai saat ini FMIPA-UHO telah mengalami berbagai perkembangan termasuk didalamnya pembukaan program studi baru.

Dalam perkembangannya berikutnya beberapa prodi baru yang terbentuk telah ditingkatkan menjadi fakultas baru. Prodi-prodi dimaksud yaitu prodi Kesehatan Masyarakat menjadi Fakultas Kesehatan Masyarakat, prodi Pendidkan Dokter menjadi Fakultas Kedokteran, dan Prodi Farmasi menjadi Fakultas Farmasi serta prodi Geografi, Teknik Geofisika, Teknik Geologi dan Teknik Pertambangan menjadi Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian. Di samping itu Program Studi D3 Statistika telah bergabung pengelolaannya di bawah program Pendidikan Vokasi Universitas Halu Oleo.

Pada tahun 2022 ini, FMIPA UHO memiliki 7 program studi S1 yaitu; Program Studi Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Bioteknologi, Statistika, dan Program Studi Ilmu Komputer. Kemajuan FMIPA-UHO tentu saja tidak terlepas dari peran para pimpinan serta dukungan seluruh civitas akademika. Upaya pencapaian visi dan misi FMIPA-UHO selama kepemimpinan terdahulu hingga saat ini FMIPAUHO antara lain adalah peningkatan kualifikasi tenaga pengajar (PNS) dengan kualifikasi doktor mencapai 55,81%, dengan guru besar berjumlah 12 orang; peningkatan kualitas program studi dimana tiga terakreditasi A (Matematika, Fisika, dan prodi Kimia); prodi Biologi, Bioteknologi, dan Statistika terakreditasi B; sedangkan Ilmu Komputer terakreditasi C.

id_IDIndonesian