Wisudawan Terbaik UHO, Ilham Raih IPK 3,94 dengan Masa Studi Singkat

(30/10/2018) –-Sebuah pencapaian luar biasa ditorehkan oleh Ilham dari Jurusan Kimia FMIPA sebagai Wisudawan Terbaik Angkatan ke-79 Universitas Halu Oleo dengan IPK 3,94 dan lama studi 3 tahun 2 bulan.   Sosok yang sederhana dan bersahaja yang lahir 21 tahun lalu, Ilham merupakan anak  pertama dari bapak La Dia dan ibu Nurtia Peta memang sejak bersekolah di SMAN 2 Raha sudah menunjukkan ketertarikannya pada mata pelajaran Kimia. Terbukti, dirinya pernah mengikuti Olimpiade Kimia dan meraih peringkat ke dua tingkat propinsi, kemudian ia diutus untuk mengikuti ajang Olimpiade Kimia SMA tingkat  nasional.

Ilham memandang ilmu Kimia sangat menarik untuk dipelajari, sebab ilmu Kimia melekat dalam kehidupan sehari-hari.  Dalam menempuh pendidikan di Kimia FMIPA, Ilham disibukkan dengan kegiatan perkuliahan dan praktikum yang sangat padat sebagaimana lazimnya. Ia juga sempat bergabung dalam organisasi dakwah kampus di dalam naungan MPM Al Misykat FMIPA.  Akan tetapi, karena jadwal yang semakin padat, ditambah lagi Ilham begitu antusias dalam mengusulkan Program Kreativitas Mahasiswa bidang Penelitian (PKM-P) sejak tahun pertama kuliah, sehingga ia sangat berkonsentrasi dengan capaian-capaian akademik.

“Di tahun 2015, saya mulai mengusulkan PKM-P akan tetapi tidak lolos pendanaan Dikti.           Di tahun 2016, ada 2 (dua) judul  PKM-P yang saya ajukan, tetapi hanya  satu judul yang lolos, yaitu Batu Apung Terlapis Mn-N-TiO2  Sebagai Pendegredasi Limbah Detergen di Bawah Sinar Matahari.  Alhamdulillah, pada tahun 2017, kedua usulan PKM-P saya dinyatakan lolos. Judul riset saya adalah “Desain baru komposit TiO2/Ti Terdoping Telurium Sebagai Material Fotooksidator Antibiotik Tetrasiklin Secara Fotoelektrokatalisis”  dan “Karakterisasi  Elektroda Kinerja Tinggi TiO2/Ti Terdoping Selenium Sebagai Pendegredasi  Zat Warna Rhodamin B,” papar Ilham.

“Saya begitu menikmati  kesibukan-kesibukan selama jadi mahasiswa.   Selain itu, passion untuk meneliti, belajar hal-hal yang baru tumbuh dalam atmosfer akademik yang sangat mendukung di Kimia FMIPA. Yang paling penting adalah manajemen waktu yang baik  sehingga bisa menyelesaikan kuliah dengan cepat dan nilainya juga baik, “lanjut Ilham yang hobbi jogging dan tenis meja.

Ilham juga tercatat sebagai pemenang ke- 4 Olimpiade Kimia tingkat universitas se-Sultra, serta mendapat beasiswa PPA.  Apa yang dilakukannya adalah untuk membahagiakan kedua orangtuanya. Ia adalah sosok yang selalu mengisi waktu dengan hal-hal yang bermanfaat. Tidak ada waktu yang disia-siakan.  Melanjutkan pendidikan hingga tingkat S3 dan menjadi dosen adalah impian besarnya, akan ia lakukan dengan totalitas tutur pemilik motto “Selalu berbuat yang terbaik sesuai dengan kapasitas diri. Tidak memaksakan kehendak pada sesuatu yang tidak bisa diperoleh karena sesungguhnya kehidupan ini sudah diatur oleh-Nya.”  (WOS)