HMPS S1-Statistika

HIMPUNAN MAHASISWA PROGRAM STUDI (HMPS)

S1 STATISTIKA FMIPA UHO

 

Sejarah

Dibentuknya lembaga Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) S1 Statistika FMIPA UHO atas dasar Surat Keputusan Rektor tentang Prodi Statistika keluar pada tahun 2017. Disamping itu, kesadaran seluruh mahasiswa Program Studi Statistika akan hak dan kewajiban serta peran dan tanggungjawabnya mengenai persoalan dan permasalahan yang dihadapi, baik dalam lingkungan kampus maupun masyarakat. Pada saat itu yang ditunjuk sebagai Penanggung Jawab sementara yaitu Saudara Riswan yang ditunjuk langsung oleh ketua Prodi S1 Statistika FMIPA UHO (Bapak Dr. Mukhsar S.Si., M.Si. ).

Setelah beberapa bulan himpunan terbentuk, FMIPA UHO kembali menggelar Pemilu Raya (PEMIRA). Pada kesempatan itu, Program Studi Statistika juga mengikutsertakan seluruh mahasiswa S1 Statistika dalam pemilihan Ketua dan Wakil Ketua Himpunan. Hal tersebut kemudian dilanjutkan dalam Musyawarah Besar (Mubes). Hasil dari Mubes tersebut menetapkan Saudara Wahyudi dan La Nggasa sebagai Ketua dan Wakil Ketua Himpunan. Wahyudi dan La Nggasa pada saat itu berada di semester 3 dan 5.

Sebagai Ketua dan Wakil Ketua Himpunan terpilih, mereka menduduki jabatan kepengurusan selama 1 tahun dengan 1 periode. Koordinasi antar keduanya menghasilkan program-program yang tentunya memberikan dampak positif bagi kemajuan Program Studi.  Salah satu program kerja yang terlaksana dalam masa kepengurusan yaitu pada saat peringatan Hari Statistika Nasional Tahun 2018. Dimana himpunan mengadakan 3 kegiatan sekaligus baik dalam bidang akademik, non-akademik, maupun kegiatan sosial. Dalam bidang akademik misalnya, himpunan mengadakan seminar bertajuk “Statistics Provides Snapshot of Future” yang dihadiri langsung Kepala BPS Provinsi Sultra (Bapak Moh. Edy Mahmud, S.Si., M.P.). Dalam bidang non-akademik, himpunan mengadakan Statistika Cup yang memuat berbagia cabang olahraga untuk dipertandingkan. Selain itu kegiatan sosial Aksi Donor Darah juga turut diadakan untuk membantu masyarakat khususnya bagi PMI Kota Kendari dalam menyediakan persediaan darah.

Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) S1 Statistika FMIPA UHO diharapkan dapat menjadi ruang bagi mahasiswa Program Studi Statistika untuk berkreasi serta mengimplementasikan hasil daripada ide-ide kreatif tersebut. Sehingga bukan hanya mahasiswa itu sendiri yang dapat merasakan manfaatnya, tetapi juga untuk membangun Program Studi yang lebih baik lagi kedepannya.