HARMONIS DALAM BELAJAR DAN BERORGANISASI, MAHASISWA FMIPA RAIH WISUDAWAN TERBAIK UHO

(UHO, 30/07/2019)—“Kita akan menjadi manusia penonton, jika tidak terus belajar dan berpengetahuan” adalah motto hidup yang dipegang  Safril sehingga berhasil menorehkan prestasi tertinggi bagi seorang mahasiswa. Pada wisuda gelombang ke-2  yang digelar di bulan Juli 2019, ia dinobatkan sebagai Wisudawan Terbaik UHO dengan IPK 3,91 dan masa studi kurang dari 4 tahun.

Menjadi terbaik dalam prestasi akademik bukanlah hal yang utama dikejar oleh pria yang hobi membaca ini. Karena bagi Safril prestasi akademik kurang lengkap tanpa adanya pengalaman berorganisasi. Oleh karena itu, selain disibukkan dengan beberapa kegiatan perkuliahan dan praktikum, Safril turut berperan dalam berbagai lembaga kampus. Beberapa organisasi kampus yang pernah digelutinya adalah menjadi pengurus UKKI UHO, pengurus HMPS Jurusan Biologi FMIPA, Pengurus BEM FMIPA, Koordinator Humas Mahasiswa Bhayangkara UHO, Pengurus MPM Al Misykat FMIPA, dan anggota Himpunan Mahasiswa Biologi Indonesia. Prestasi tertinggi dalam berorganisasi pun ia capai ketika menjadi Ketua Umum UKKI UHO periode 2018/2019.

Walaupun demikian, ia tetap totalitas dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sebagai mahasiswa Biologi pada Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Apalagi ia sangat tertarik untuk mendalami ilmu Biologi sejak duduk di bangku SMA.

“Saya sangat tertarik dengan alam, tentang penciptaan Allah yang tentunya bisa disandingkan antara penjelasan dalam Al Quran dengan perspektif  keilmuan Biologi”, jelas Safril. Ia juga mengatakan bahwa seorang muslim harus cerdas dan maju.

“Belajar bagi saya adalah suatu kebutuhan. Oleh karena itu, tengah malam hingga menjelang fajar adalah waktu belajar saya. Itu dilakukan hampir setiap hari. Saya juga rutin membaca jurnal, minimal dalam 2 hari bisa ‘khatam’ 1 buah jurnal. Jika tidak ada kegiatan perkuliahan, maka saya ke Ruang Baca MIPA untuk membaca buku Campbell. Kami juga sering buat diskusi kelompok di kelas, “papar Safril dengan semangat.

‘Kecintaan saya dengan ilmu Biologi membuat saya ikut berpartisipasi dalam lomba Olimpiade Nasional MIPA tingkat regional Makassar, dan juga bergabung dalam kegiatan penelitian operasional Wallacea bersama mahasiswa luar negeri,” sambung Safril.

Setelah menamatkan S1 nya, Safril berencana akan melanjutkan kuliah di Turki. Karena motivasi terbesarnya adalah ingin terus mempelajari Biologi yang merupakan salah satu kajian keilmuan yang banyak disebut dalam Al Quran. Semoga engkau sukses dengan cita-citamu, menjadi ilmuwan muslim dan tetap membanggakan almamater FMIPA UHO.