PROFIL PROGRAM STUDI BIOTEKNOLOGI

 

Visi Program Studi Bioteknologi adalah pada tahun 2045, menjadi salah satu Program Studi Bioteknologi terdepan di dunia dalam inovasi bidang rekayasa, pengembangan, pemanfaatan dan pengelolaan biodiversitas untuk benua maritim, harmonisasi dan kesejahteraan berkelanjutan. Visi ini diturunkan dari visi FMIPA UHO “Pada tahun 2045, menjadi salah satu Fakultas MIPA terdepan di dunia dalam inovasi dan pengembangan bidang matematika, sains dan terapannya untuk benua maritim, harmonisasi dan kesejahteraan berkelanjutan.

Makna:

  1. Terdepan adalah pengakuan internasional terhadap karya inovasi ilmiah sivitas akademika Program Studi Bioteknologi. Misalnya, program studi terakreditasi internasional, publikasi terindeks scopus Q1, menjadi reviewer jurnal internasional bereputasi dan lain-lain.
  2. Inovasi, berarti dihasilkannya beberapa produk hasil penelitian bioteknologi seperti paten, HaKi, research article dan lain-lain.
  3. Pengembangan, difokuskan di wilayah maritim karena Program Studi Bioteknologi ingin berpartisipasi dalam peningkatan daya saing Sulawesi Tenggara yang sebagian besar penduduknya tinggal di wilayah pesisir dan pedesaan.
  4. Pengelolaan Biodiversitas, berarti melakukan kegiatan pemanfaatan keanekaragaman hayati berbasis bioteknologi secara berkelanjutanMisi Program Studi Bioteknologi :
    1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berkualitas agar menghasilkan lulusan profesional dan mandiri dalam bidang bioteknologi sehingga mampu beradaptasi terhadap kemajuan IPTEKS dan perubahan global.
    2. Melaksanakan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk menunjang proses pembelajaran, pengembangan serta penerapan bioteknologi sesuai dengan potensi sumberdaya hayati kawasan Wallacea dan Coral triangle dengan memperhatikan kearifan lokal wilayah maritim pedesaan.
    3. Menumbuhkembangkan, dan menjalankan budaya penelitian di kelompok-kelompok bidang keahlian Bioteknologi dengan pemanfaatan biodiversitas lokal guna meningkatkan karya keilmuan dan inovasi-inovasi baru bagi penerapan multidisiplin ilmu biologi terapan yang diakui secara regional, nasional dan/atau internasional.
    4. Menumbuhkembangkan dan menjalankan kerjasama yang saling menguntungkan dengan berbagai pihak termasuk masyarakat, swasta, dan pemerintah baik lokal, nasional, regional atau internasional dalam penelitian dan penerapan Bioteknologi.

    5.  Menyelenggarakan manajemen program studi S-1 secara terpadu, transparan dan                   akuntabel.

Tujuan Program Studi Bioteknologi :

  1. Menghasilkan sarjana bioteknologi yang adaptif, inovatif dan kreatif yang memiliki keunggulan terhadap pengembangan IPTEKS dalam pemanfaatan biodiversitas Kawasan Wallacea dan Coral triangle dengan integritas tinggi
  2. Menghasilkan penelitian bidang bioteknologi yang aplikatif di bidang sains dan industri serta menunjang konservasi genetik dan lingkungan hidup sehingga meningkatkan kesejahteraan manusia dan konservasi sumber daya hayati.
  3. Menghasilkan karya ilmiah yang dapat dipublikasikan pada jurnal nasional terakreditasi dan/atau jurnal internasional bereputasi
  4. Menghasilkan karya pengabdian dalam bidang bioteknologi yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas, instansi pemerintah, swasta dan dunia industri maupun stakeholder
  5. Meningkatkan kualitas dan kuantitas sumber daya manusia, peralatan, sarana prasarana guna mendukung pelaksanaan Tridarma Perguruan Tinggi yang berdayaguna dan kompetitif secara nasional dan/atau internasional.
  6. Memperbanyak kerjasama dan memperbaiki mutu link dengan institusi domestik nasional maupun internasional untuk menopang peningkatan kualitas SDM di Program Studi S-1 Bioteknologi.
  7. Memiliki sistem manajemen program studi S-1 yang terpadu, transparan dan akuntabel.

Kesesuaian antara Visi Program Studi Bioteknologi dengan Visi FMIPA UHO dapat dilihat pada tabel berikut :

Visi UHO Visi FMIPA Visi Prodi Bioteknologi
Pada tahun 2045, menjadi 250 perguruan tinggi terdepan di dunia dalam IPTEKS untuk benua maritim, harmonisasi dan kesejahteraan berkelanjutan. Pada tahun 2045, menjadi salah satu fakultas MIPA terdepan di dunia dalam inovasi dan pengembangan bidang matematika, sains dan terapannya untuk benua maritim, harmonisasi dan kesejahteraan berkelanjutan.

Pada tahun 2045, menjadi salah satu program Studi Bioteknologi terdepan di dunia dalam inovasi bidang rekayasa, pengembangan, pemanfaatan dan pengelolaan biodiversitas untuk benua maritim, harmonisasi dan kesejahteraan berkelanjutan

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *